Senin, 27 Januari 2020

Cara Memasang atau Mengganti Header Blog

Soyrce by Google
Header Blog, merupakan bagian awal struktur sebuah blog yang mencerminkan secara singkat keseluruhan dari blog tersebut. Penempatan dari header blog selalu diatas, agar memudahkan pembaca mengetahui informasi menarik (singkat dan jelas) tentang judul, deskripsi serta menu blog. Bentuk header blog pada umumnya kotak persegi panjang, namun besaraannya bisa disesuaikan sendiri menurut kebutuhan pengguna.

Header Blog dapat dibuat sendiri melalui aplikasi pembuat gambar atau animasi, hal itu lebih memudahkan pengguna untuk menentukan sendiri bentuk dan isi yang ingin disampaikan kepada pembaca. Atau pengguna dapat mencari bentuk header yang sudah disediakan oleh pihak ketiga (dapat ditemukan banyak di Google), sehingga memudahkan pengguna dalam memilih header yang paling menarik dan sesuai dengan kebutuhan.

Header Blog dapat menjadi bagian penting dari sebuah blog, header yang menarik akan membuat pembaca tertarik dan mengetahui informasi tentang blog pengguna secara keseluruhan. Sama seperti header tamplate pada umumnya, header blog dapat berarti ruang utama pada bagian atas sebuah blog yang sangat menentukan keberadaan blog pengguna secara keseluruhan, bagian yang menggambarkan informasi mengenai blog secara menarik. Lebih jelasnya, header blog mempunyai fungsi yang hampir sama seperti kepala surat, memberikan gambaran tentang keseluruhan isi surat secara singkat, padat dan jelas.

Untuk Memasang atau Mengganti Header Blog, langkah yang diperlukan adalah:

  • Persiapkan file gambar yang akan dijadikan Header (JPG, JPEG, PNG, GIF)
  • Sesuaikan ukuran gambar dengan template blog (ukuran Widget yang disediakan blog)
Setelah selesai mengatur file gambar sesuai dengan kebutuhan dan siap untuk digunakan, maka untuk memasangnya pada blog langkah yang diperlukan adalah:

  1. Masuk ke akun Blogger
  2. Pilih menu Tata Letak atau Layout
  3. Pilih Edit pada bagian bar Header (jika sudah memiliki bar Header)
  4. Pilih Tambahkan Gadget atau Add Widget, kemudian pilih Header Halaman pada layar jendel windows yang muncul (jika belum memiliki bar Header)
  5. Pilih Choose File atau Pilih File pada layar jendela windows yang muncul
  6. Klik file gambar yang sudah disiapkan, kemudian pilih Open dan tunggu hingga muncul pratinjau gambar
  7. Centang bagian Selain Judul dan Keterangan
  8. Pilih Simpan
Hal lain yang perlu diketahui tentang Header Blog ialah, bentuk yang sederhana dan menarik lebih baik daripada bentuk yang terlalu mencolok atau berlebihan, sesuaikan deskripsi dan gambar dengan isi blog keseluruhan, sehingga pembaca akan lebih mudah menangkap pesan yang pengguna ingin sampaikan. Kemudian, header blog dengan ukuran sedang lebih baik daripada ukuran yang besar atau sangat besar, hal ini akan menghemat ruang blog sehingga keseluruhan blog akan terlihat lebih rapi dan teratur, serta memudahkan pengguna jika suatu saat diperlukan ruang untuk bagian (widget) baru dalam blog.

Buat atau pilihlah header blog sekreatif mungkin sehingga akan lebih menarik untuk pembaca. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Waktu dan tempat dipersilahkan! Segala komentar yang anda tinggalkan merupakan tanggungjawab anda sendiri, untuk bantuan lebih lanjut mohon kesabarannya. Terima kasih.