Jumat, 24 Januari 2020

5W1H

5w1h atau lebih dikenal dengan istilah Asdikamba (istilah indonesia) adalah pertanyaan yang jawabannya dianggap sebagai dasar pengumpulan informasi atau dalam memecahkan  masalah. Istilah tersebut sering digunakan dalam jurnalisme, penelitian dan penyidikan polisi. Setiap unsurnya menjadi kerangka dalam menyusun laporan terkait subjek dan dianggap lengkap bila dapat menjawab pertanyaan yang menggunakan kata tanya sebagai berikut :

Apa?
Siapa?
Dimana?
Kapan?
Mengapa?
Bagaimana? (Wikipedia)

5w1h pada awalnya ditulis oleh seorang penulis cerita pendek, novelis sekaligus penyair kelahiran Mumbay, India Rudyard Kipling (1865-1936) dalam puisinya diakhir cerpen The Elephant's Child, dalam puisi itu Kipling menuliskan bahwa ia mempekerjakan enam orang yang jujur, nama keenam orang itu adalah: Apa, Kenapa, Kapan, Ba
gaimana, Dimana dan Siapa. Puisi tersebut kemudian ikut menjadi terkenal bersama kumpulan cerpen lain oleh Kipling dalam karyanya yang berjudul: Just So Stories. Berikut kutipan puisi:

I keep six honest serving-man
(The taught me all i knew)
Their names are What and Why and When and How and Where and Who
...

Just To Stories sendiri merupakan buku yang bergenre Children's book, diterbitkan pada tahun 1902 di United Kingdom (Britania Raya) Inggris oleh Macmillan Publishers, ditulis dan diilustrasikan oleh Kipling sendiri dalam bahasa inggris.

Source by Google

Kutipan 5w1h dalam puisi tersebut kemudian menjadi syarat dan formula dasar dalam penulisan berita serta menjadi kriteria umum dalam jurnalisme, begitu juga dalam menulis laporan dan bentuk tulisan lain, baik itu fakta maupun fiksi 5w1h menjadi kriteria umum dalam penulisan. Hal itu sesuai dengan pengertian fungsinya dimana suatu cerita dapat dianggap lengkap bila dapat menjawab pertanyaan yang menggunakan kata tanya dalam 5w1h.

Dalam penggunaanya, 5w1h dapat berkembang sesuai sudut pandang penulis sendiri. Formula tersebut dapat berubah bentuk menyesuaikan kebutuhan penulis dalam menjawab segala permasalahan yang ada, dalam hal ini 5w1h dapat bertujuan seperti:

Who is it about? atau tentang siapa?
What happened? atau apa yang telah terjadi?
Where did it take place? atau dimana peristiwa terjadi?
When did it take place? atau kapan peristiwa terjadi?
Why did it happen? atau mengapa peristiwa itu terjadi?
How did it happen? atau bagaimana peristiwa itu terjadi?

5w1h juga dapat berubah menjadi bentuk piramida terbalik, seperti dalam penulisan berita lempang (straightnews). Dengan bentuk tersebut, pembaca dengan cepat dapat mengetahui inti dari tulisan yang dibuat oleh penulis, bentuk terutama dapat membantu penulis bila tulisan yang ditulis merupakan berita yang panjang, sementara ruang untuk memuat tulisan terbatas. Dalam bentuk ini, unsur 5w1h yang dibentuk sesuai dengan urutan prioritas dalam hal mana yang lebih penting dituliskan lebih dahulu, maka unsur Why dan How ditempatkan dibagian akhir tulisan. Dapat digambarkan dalam bentuk:

Source by Google

Lead, rangkuman atau intisari mencakup Who, What, Where dan When.
Body, penjelasan lebih lanjut dari 5w1h dibagian Lead.
Tail, penjelasan lebih jauh atau informasi tambahan berupa latar belakang atau hal-hal yang berkaitan dengan inti tulisan dari Lead dan Body.

Begitulah 5w1h menjadi bagian penting dalam hal penulisan, baik itu dalam penulisan fakta berupa berita dan laporan, maupun penulisan fiksi berupa cerpen dan novel sesuai dengan kebutuhan penulis. Dengan memanfaatkan setiap unsur 5w1h dengan baik, maka penulis dapat menghasilkan sebuah tulisan dengan kualitas yang bagus.

2 komentar:

  1. Did you realize there's a 12 word sentence you can say to your crush... that will induce intense emotions of love and instinctual attraction to you buried within his heart?

    Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, adore and guard you with all his heart...

    12 Words Will Fuel A Man's Desire Impulse

    This impulse is so built-in to a man's mind that it will drive him to work better than before to to be the best lover he can be.

    As a matter of fact, fueling this dominant impulse is absolutely important to achieving the best ever relationship with your man that as soon as you send your man a "Secret Signal"...

    ...You will instantly notice him expose his soul and mind to you in such a way he haven't expressed before and he will identify you as the one and only woman in the galaxy who has ever truly fascinated him.

    BalasHapus
  2. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Waktu dan tempat dipersilahkan! Segala komentar yang anda tinggalkan merupakan tanggungjawab anda sendiri, untuk bantuan lebih lanjut mohon kesabarannya. Terima kasih.