Sabtu, 20 Mei 2017

Mengatasi Masalah Bluetooth PC Tidak Berfungsi di Windows 7

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Berfungsi pada Komputer

Penggunaan media kabel USB sebagai transmisi untuk mengirim file ke perangkat lain pada sekarang ini terlihat seperti sudah usang, terkhusus Sistem Windows 7. dikatakan demikian karena pada penggunaannya yang sedikit 'ribet'. Nah, tekhnologi nirkabel seperti Bluetooth membantu kita dalam hal penggunaan pada masa sekarang agar lebih mudah. Namun, beberapa masalah sering terjadi dimana Bluetooth tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan kita harus menemukan cara mengatasi masalah tersebut.

Masalah Bluetooth di Windows 7

Pada dasarnya Bluetooth merupakan perangkat bawaan Windows, sehingga sejak pertama PC digunakan bluetooth semestinya telah berfungsi dengan baik. namun, dalam penggunaannya Bluetooth seringkali mengalami masalah. hal ini bisa disebabkan kelalaian pengguna, serangan virus atau malware, atau bisa juga disebabkan Windows yang memutuskan untuk menonaktifkan bluetooth karena jarang digunakan. berikut beberapa masalah yang sering kita temui pada penggunaan bluetooth:


  • perangkat Bluetooth tidak terdeteksi di tab 'add a device'
  • 'searching for device' terlalu lama dan tidak ditemukan perangkat yang hidup
  • icon Bluetooth tidak muncul di menu toolbar dekstop
  • diminta untuk update driver Bluetooth
Itu mungkin beberapa masalah yang biasa kita hadapi pada penggunaan Bluetooth pada Windows 7, dan beberapa masalah tersebut ternyata terjadi karena kesalahan kita dalam penggunaannya.

Cara Mengatasi Masalah Bluetooth Tidak Berfungsi

Ada beberapa langkah pemecahan masalah sederhana untuk mengatasi masalah-masalah diatas, berikut adalah diskusi untuk mengatasi masalah Bluetooth pada Windows 7
  • Menambahkan Ulang Perangkat Bluetooth pada Windows 7
Langkah pertama dalam pemecahan masalah Bluetooth adalah menambahkan ulang perangkat Bluetooth pada PC. ini dilakukan untuk memastikan apakah Bluetooth mengalami masalah atau tidak. berikut langkah yang benar dalam menambahkan perangkat Bluetooth pada Windows 7
  1. Buka 'Control Panel' pada menu start
  2. Pilih 'view device and printers' yang ada di bawah menu 'hardware and sound'
  3. Pilih 'add a device
  4. Tunggu beberapa saat dan lihat apakah ada perangkat yang terdeteksi
Tips : Pastikan bahwa perangkat Bluetooth anda aktif dan daya ke perangkat aktif
  • Update Driver Bluetooth di Windows 7
Sering sekali dalam penggunaannya driver menyebabkan masalah pada perangkat Bluetooth, dimana driver yang digunakan sudah usang. Untuk menemukan driver terbaru dari perangkat Bluetooth, kita dapat memeriksa di situs web produsen PC yang kita gunakan, atau update otomatis menggunakan PC. Untuk update driver Bluetooth, berikut adalah langkah-langkahnya
Pastikan adan logon sebagai administrator atau Run as Administrator
  1. Klik Start > Control Panel >Hardware and Sound kemudian device manager
  2. Double-klik Bluetooth Radio untuk melihat memperluas dan lihat adaptor
  3. Klik kanan pada adaptor Bluetooth, kemudian klik Properties
  4. Klik tab Driver
  5. Pilih update driver dan tunggu hinnga selesai
Kita dapat menghubungi penyedia driver perangkat Bluetooth untuk bantuan setelah melihat penyedia di tab driver kemudian pilih 'driver detail'.

Tips : Atau kita bisa seraching di google dengan kata kunci "download driver pc/laptop (nama pabrik) (nama model) (sistem operasi yang digunakan)". contoh : "download driver laptop asus k46cb windows 7 64bit", download dan install driver tersebut, kemudian restart PC untuk pengaktifan optimal.
  • Mengaktifkan Kembali Fungsi Bluetooth
Pada saat tertentu, Windows secara otomatis mematikan fungsi sebuah perangkat karena kita jarang atau tidak pernah menggunakan perangkat tersebut. ini merupakan prosedur Windows sendiri, jadi jangan heran ketika suatu saat ada perangkat pada PC yang dalam keadaan 'disable'. jika perangkat Bluetooth termasuk salah satu yang jarang anda gunakan, ada baiknya melakukan langkah berikut untuk memastikan
  1. Klik Start > Cntrol Panel > Hardware and Soun kemudian device manager
  2. Double-klik Bluetooth Radio untuk memperluas dan lihat adaptor
  3. Klik kanad pada adaptor Bluetooth, kemudian klik
  4. Tunggu dan lihat hingga muncul icon Bluetooth di menu Toolbars bawah dekstop
  • Periksa hal-hal sederhana
Ada beberapa hal sederhana yang kita lupakan dan menyebabkan masalah pada perangkat Bluetooth dan prosesnya, untuk itu periksa lagi beberapa hal berikut untuk menghindari masalah
  1. Perikas jarak perangkat. Bluetooth menyertakan informasi bahwa kita harus memberi jarak yang benar antara perangkat agar bekerja dengan baik. oleh karena itu, usahakan jarak antara perangkat tidak terlalu jauh.
  2. Pastikan PC sedang mencoba untuk menyambung ke perangkat yang benar. karena jika kita memiliki Keyboard atau Mouse Bluetooth, atau perangkat Bluetooth lainnya mungkin ada akan ada masalah dengan koneksinya dikarenakan terlalu banyak yang aktif sekaligus. hal ini juga berlaku bagi PC lain disekitar anda yang perangkat Bluetooth sedang aktif.
  3. Pastikan Windows dapat menerima koneksi Bluetooth masuk. hal tersebut bisa dilihat dari pengaturan Bluetooth, klik kanan pada icon Bltethoot di menu toolbars dekstop kemudian pilih 'open setting' atau 'buka pengaturan'. pada tab 'option', beri tanda centang pada 'biarkan perangkat Bluetooth untuk terhubung ke komputer ini' atau 'allow Bluetooth device to connect to this computer'.
Nah, jika setelah melakukan langkah diatas perangkat Bluetooth masih tidak berfungsi dengan baik, disarankan untuk mengecek hardware PC atau kunjungi service center pabrikan PC tersebut.

Sekian sedikit informasi tentang mengatasi masalah Bluetooth PC tidak berfungsi di Windows 7. terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

4 komentar:

  1. Knapa pada menu add a devis tidak muncul

    BalasHapus
  2. jasa install windows

    jasainstallwindows.com jasa install windows kami melayani jasa install windows seperti install windows xp,install windows 7,install windows 8,instal windows 10. bila anda sibuk dan tidak mau report report bawa ke reparasi komputer. silahkan hubungi kami. maka teknisi kami akan mengerjakannya dikantor,toko atau tempat anda. segera hubungi kami:

    berikut ini software yang kami install :

    Aplikasi Standard:

    1. Adobe Acrobat
    2. Google Chrome x64
    3. Mozzila Firefox x64
    4. Vlc Video Player x64
    5. Winrar x64
    6. Google Picasa x64
    7. Smadav Antivirus x64
    8. Avast Antivirus x64
    9. CCleaner x64

    Microsoft Office :
    Microsft Word 2019
    Microsft Excel 2019
    Microsft PowerPoint 2019

    Software Design :
    Adobe Photoshop CC 2018
    Adobe Ilustrator CC 2018
    Adobe Indesign CC 2018
    Corel Draw X7

    Software Video Editing :
    Sony Vegas
    Adobe Premier CC 2018
    Wondershare Flimora

    Silahkan Hubungi Kami
    support@jasainstallwindows.com
    Http://www.jasainstallwindows.com

    keyword : jasa install windows

    BalasHapus

Waktu dan tempat dipersilahkan! Segala komentar yang anda tinggalkan merupakan tanggungjawab anda sendiri, untuk bantuan lebih lanjut mohon kesabarannya. Terima kasih.