Rabu, 24 Mei 2017

Cara Mempercepat Kinerja PC Windows 7 64 Bit

Mengatasi Masalah Kinerja Lambat 'Lemot' Pada PC Windows 7

Memiliki PC seharusnya mempermudah kita dalam melakukan perkejaan sehari-hari yang berkaitan langsung dengan data, angka dan gambar. Dalam penggunaannya, PC (tentunya yang memiliki sistem operasi windows 7) memberi kita banyak opsi untuk mengerjakan sesuatu sehingga segala sesuatunya tampak mudah untuk dilakukan. Namun, terkadang malah PC itu sendiri yang malah bekerja secara lambat, atau sering kita sebut 'lemot' dan mau tidak mau hal tersebut menghambat pekerjaan yang kita lakukan. Nah, disini adalah sebuah diskusi untuk mengatasi hal tersebut, dimana mempercepat kinerja PC windows 7 adalah hal yang mudah dilakukan, terutama bagi pengguna sistem operasi windows 7 64Bit.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan kinerja PC, seperti spesifikasi hardware mulai dari processor, memory dan harddisk. Demikian juga dengan faktor software sistem operasi terutama bagi pengguna windows 7, hal ini wajar karena banyaknya aktifitas yang dilakukan berhubungan langsung dengan sistem operasi seperti browsing, install dan uninstall program, mengetik dan menghapus data, bermain game dan lain sebagainya. Aktifitas-aktifitas yang kita lakukan tersebut akhirnya membuat terjadi fragmentasi harddisk, menambah file temporary dan menumpuk file registry, dimana kesemua itu adalah penyebab kinerja PC windows 7 menjadi lambat.

Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kecepatan kinerja PC windows 7, dan dibawah ini merupakan rangkuman cara mempercepat kinerja PC terutama windows 7, serta beberapa tips agar PC tetap pada kinerja yang optimal.

Matikan Beberapa Program dan Sistem pada PC Windows 7

Hal yang paling berpengaruh pada kinerja PC tentunya adalah progam dan sistem yang ada didalamnya. Baik itu program dan sitem yang sudah ada maupun yang telah kita tambahkan pada PC. Untuk itu, silahkan matikan atau nonaktifkan beberapa program dan sistem berikut

  • Mematikan Visual Efek Windows 7
Mematikan Visual Efek pada PC memang salah satu cara mempercepat kinerja PC yang paling umum. Ini dikarenakan pada penggunaannya, Visual Efek hanya digunakan untuk mempercantik tampilan windows, sebaliknya sangat menghambat kinerja PC dengan memakan kapasitas RAM yang cukup besar. Dengan mematikan Visual Efek, akan memberikan dampak langsung terhadap kinrja PC, namun hal itu juga berakibat pada penampilan windows yang menjadi kurang enak untuk dilihat. Berikut langkah untuk mematikan Visual Efek windows 7 :Klik Start
  1. Klik kanan pada Computer
  2. Klik Properties
  3. Klik Advanced System Setting
  4. Pilih tab Advanced
  5. Pada bagian Performance klik Setting
  6. Pilih tab Visual Effect kemudian pilih Adjust for best performance
Tips : Untuk tidak mengubah tampilan sepenuhnya, pilih Custom dan hapus semua centang kecuali yang ada pada daftar dibawah. Ini dilakukan agar tampilan tidak berubah menjadi klasik sepenuhnya, dimana tampilan tetap nyaman untuk dilihat dan kinerja PC tetap maksimal.
  1. Enable dekstop composition
  2. Enable transparent glass
  3. Show shadows under windows
  4. Use visual styles on windows and buttons
  • Menonaktifkan Gadget Windows 7
Gadget windows 7 pada dasarnya hanyalah tampilan kalender, jam, pengukur CPU dan tampilan lain yang ditampilkan di jendela dekstop windows. Gadget windows tidak terlalu besar dalam menggunakan kapasitas RAM PC, namun ketika kita menggunakan tampilan gadget yang banyak itu akan sedikit banyak berpengaruh pada PC, dan lagi gadget windows akan langsung tampil ketika PC dihidupkan, atau biasa disebut auto startup pada windows dan ini cukup untuk membuat PC melakukan banyak hal ketika pertama hidup. Untuk menghindari hal tersebut maka nonaktifkan gadget pada windows dengan langkah berikut :
  1. Sorot Gadget
  2. Klik tanda silang
  3. Selesai
  • Menonaktifkan Aero Shake Windows 7
Fungsi dari Aero Shake adalah untuk meminimize windows yang sedang tidak dijalankan oleh pengguna. Ketika pengguna membuka beberapa windows dan salah satu windows yang aktif digerakkan, maka secara otomatis windows lain akan diminimize. Nah, dari fungsinya dapat dilihat bahwa fitur ini cukup memakan kapasitas RAM PC. Dan langkah untuk mematikannya adalah :
  1. Klik Start
  2. Pada kolom Search program and files ketik "gpedit.msc" (tanpa tanda petik) kemudian Enter
  3. Klik User Configuration
  4. Klik Administrative Template
  5. Klik dua kali pada Desktop
  6. Klik dua kali pada Turn off Aero Shake window minimizing mouse gesture
  7. Pilih Enable
  8. Klik Apply kemudian Ok
  • Menonaktifkan Index Search Windows 7
Untuk menonaktifkan fitus Index Search pada windows, berikut langkah-langkahnya :
  1. Klik Start
  2. Pada kolom Search programs and files ketik "services.msc" (tanpa tanda petik) kemudian tekan Enter
  3. Cari Windows Search
  4. Klik kanan pada Windows Search tersebut kemudian klik Stop
  • Menonaktifkan Fitur Aero Snap Windows 7
Untuk menonaktifkan fitur Aero Snap, berikut langkah-langkahnya :
  1. Klik Start
  2. Klik Control Panel
  3. Klik Ease Of Acces
  4. Pilih Change how your mouse work
  5. Beri tanda centang pada 'Prevent windows from being automatically arranged when to the edge of the screen'
  6. Klik Apply kemudian Ok
  • Menonaktifkan System Sound Windows 7
Sedikit banyak menonaktifkan system sound dapat mempercepat kinerja PC menjadi lebih maksimal. Untuk menonaktifkan system sound, berikut langkahnya :
  1. Klik Start
  2. Pada kolom Search programs and files ketik "mmsys.cpl" (tanpa tanda petik) kemudian Enter
  3. Pilih tab Sound
  4. Pilih No Sound atau hapus tanda centang pada 'Play Windows Startup Sond'
  5. Klik Apply kemudian Ok
  • Menonaktifkan Beberapa Sistem Pada Services Windows 7
Services pada windows 7 sudah aktif pada awal penggunaannya. Services (windows service) adalah sebuah aplikasi yang berjalan dari proses booting pada sistem operasi microsoft windows. Windows services berjalan dibelakang layar dan menyediakan beberapa fungsi tertentu secara spesifik. Walaupun berjalan dibelakang layar, windows services tetap memakai sumber daya dari PC, diantaranya RAM dan Memory. Nah, karena itu semakin banyak service yang berjalan maka semakin banyak RAM dan Memory yang terpakai sehingga membuat kinerja PC menjadi lambat.  Beberapa services tidak terlalu penting bagi PC, begitu juga services yang tidak perlu aktif setiap saat, jadi matikan beberapa service tersebut untuk menjaga kinerja PC tetap maksimal. Berikut services yang perlu anda perhatikan fungsinya, dan saran untuk dimatikan :
  1. Fax
  2. Remote Dekstop Services
  3. Remot Registry
  4. Secondary Logon
  5. Smart Card
  6. System Event Notification Services
  7. Task Scheduler
  8. Windows Event Log
  9. Windows Update
  10. Diagnostic Policy Service
  11. Distributed Link Tracking Client
  12. Function Discovery Resource Publication
  13. IP Helper
  14. Offline Files
  15. Performance Logs & Alerts
  16. Print Spooler
  17. Server
  18. SSDP Discovery
  19. Windows Error Reporting Service
  20. Windows Image Acquisition (WIA)
  21. Windows Search
  22. Windows Time
  23. Program Compatibility Assistant Service
Mengatur Program dan Drive Dengan Baik

Beberapa pengguna biasanya tidak memperhatikan dengan baik fungsi dari program-program yang ada di PC. Karena pada dasarnya, laptop maupun PC memiliki puluhan program yang telah terinstall pada penggunaan pertama. Sehingga, banyaknya program tersebut membuat kinerja PC menjadi lambat. Begitu juga dengan pengaturan penggunaan drive PC, pengguna biasanya hanya memiliki dua drive yang terdiri dari drive C: tempat program dan sytem yang ada serta drive D: tempat pengguna PC menyimpan data, dan bahkan ada pengguna yang menggunakan kedua drive secara acak. Nah, berikut beberapa saran dalam mengatur program serta drive partisi agar dapat meningkatkan kinerja PC lebih optimal

  • Uninstall Program yang Tidak Terpakai pada PC
Salah satu solusi paling sederhana untuk mempercepat kinerja PC adalah dengan menguninstall program-program yang tidak terpakai. Semakin banyak program pada PC maka semakin banyak pula kapasitas RAM yang terpakai dan akhirnya mempengaruhi kinerja PC, apalagi jika suatu program yang fungsinya sama terinstall dua pada PC (biasanya terdapat Chrome dan Mozilla). Untuk menguninstall program yang tidak terpakai, berikut langkahnya :
  1. Klik Start
  2. Klik Control Panel
  3. Pilih Programs
  4. Klik kanan pada program yang ingin di uninstall, kemudian klik Uninstall/Change
  5. Ikuti proses penguninstallan pada jendela yang muncul
Tips : Gunakan software untuk menguninstall program agar lebih mudan dan hasil yang efisien. Beberapa software menawarkan untuk menghapus file registry pada program yang telah di uninstall, sehingga file registry tersebut tidak menjadi file sampah di PC dan memakan kapasitas RAM. Salah satu software yang menawarkan untuk meghapu file registry adalah Iobit Uninstaller.
  • Mengatur Program yang Berjalan Pada Startup Windows
Mengatur program yang berjalan pada saat startup dapat membantu kinerja PC tetap maksimal. Ini dikarenakan apabila ada terlalu banyak program yang berjalan saat PC hidup dapat memakan kapasitas RAM sangat banyak, dan juga membuat proses booting PC lambat dan terpengaruh. Untuk itu, mengatur program yang berjalan saat startup sangat penting sehingga hanya ptogram yang dibutuhkan saja yang berjalaan saat startup. Berikut langkahnya :
  1. Masuk ke Windows Run
  2. Ketik "msconfig" (tanpa tanda petik)
  3. Pilih Startup
  4. Disable program yang kemungkinan tidak begitu terpakai
  5. Klik Apply kemudian Ok
Tips : Baca juga Cara Mengatur Startup Programs pada Windows 7 untuk pembahasan yang lebih rinci, serta lebih banyak solusi dan opsi tambahan.

  • Memisahkan File System dan Data Pribadi
Memisahkan file system dan data pribadi bisa dibuat dengan partisi khusus, dimana pilihan untuk membuat drive partisi ada saat perose penginstallan windows atau install ulang PC. Disarankan bagi pengguna untuk membuat 3 drive partisi, dimana drive C: merupakan drive yang disediakan untuk file system/windows, kemudian drive D: tempat data pribadi pengguna dan drive E: tempat dimana anda menginstall program dengan kapasitas besar, anda juga dapat mengatur drive E: untuk menjadi tempat menyimpan file hasil download (karena biasanya file hasil download tertuju ke drive C:) serta menjadikan drive E: tempat untuk menyimpan segala data besar dan tidak terlalu penting. Untuk kapasitasnya, gunakan 90-110Gb untuk drive C: (jika drive C: terlalu besar akan memakan waktu untuk membacanya ketika PC hidup atau startup windows), 90-110Gb untuk drive D: tempat untuk menyimpan data pribadi yang penting dan 300Gb sisanya ke drive E:

Setelah melakukan pilihan tersebut pada saat proses install ulang PC, anda dapat mengatur nama dan besar kapasitas drive pada disk management storage PC, berikut langkahnya
  1. Klik Start
  2. Klik kanan pada Computer kemudian klik Manage
  3. Pilih Storage
  4. Klik Disk Management
  5. Pilih Shrink Volume dan Add Mirror untuk mengosongkan dan menambahkan drive partisi
Melakukan Pembersihan System Secara Berkala

Sejalan dengan pemakaian PC, maka setiap penggunaan program dan penggunaan system akan membuat file-file pada sistem operasi windows tidak tersusun dengan rapi, dimana data dalam harddisk menjadi berserakan dan memiliki banyak celah kosong, celah kosong tersebut merupakan salah satu penyebab kinerja PC terganggu. Semakin rapat data pada harddisk akan semakin bagus, karena rapatnya data pada harddisk membuat PC dengan mudah membacanya tanpa harus memakai kapasitas RAM yang besar, atau biasa disebut Latency Time (durasi head bergerak mencari data). Jadi, usahakan untuk tetap membersihkan sistem operasi windows pada PC secara berkala, untuk membuat kinerja PC lebih maksimal

  • Melakukan Disk Defragmenter
Defragmentasi adalah sebuah proses untuk menyusun ulang file yang terpecah belah akibat penggunaan sehari-hari pada PC. Sebuah file dikatakan terfragmentasi  apabila file tersebut tidak menempati ruangan yang saling berdekatan dalam penyimpanan fisik (harddisk), dimana fragmentasi menyebabkan sistem operasi melakukan pencarian data lebih banyak dan mengganggu kinerja PC. Untuk melakukan defragment, berikut langkahnya :
  1. Klik Start
  2. Klik All Program
  3. Pilih Accesories
  4. Klik System Tool kemudian klik Disk Defragmenter
  5. Pilih drive yang ingin di defragment kemudian klik Defragment disk
  • Melakukan Disk Clean Up
Ketika para pengguna melakukan browsing atau install dan uninstall aplikasi, hal itu akan menghasilkan registry-registry, cache dan cookies yang baru yang biasanya tidak digunakan pada PC. Apabila tidak dibersihkan, maka jumlah file-file tersebut akan semakin banyak dan semakin memakan penggunaan harddisk. Karena itu pengguna disarankan untuk melakukan Dsik Clean Up, untuk membersihkan file tersebut. Berikut langkah-langkahnya :
  1. Klik Start
  2. Klik All Program
  3. Pilih Accesories
  4. Klik System Tools kemudian klik Disk Clean Up
  5. Pilih drive yang akan dilakukan Clean Up kemudian klik Ok
  6. Beri tanda centang pada bagian yang ingin dilakukan Clean Up kemudian klik Ok
  • Melakukan Scanning Virus
Untuk menghindari virus yang dapat menyebabkan terhambatnya kinerja PC, wajib halnya melakukan scanning secara berkala. Beberapa anti-virus memasang pilihan untuk melakukan scanning otomatis pada PC, namun beberapa lainnya tidak. Untuk itu, melakukan scanning secara menyeluruh merupakan salalh satu pilihan untuk membuat PC anda terhindar dari virus, terutama virus yang menyebabkan kinerja PC menjadi lambat.

Mengupgrade dan Menjaga Hardware

Menjaga hardware PC dari kerusakan dan kebersihannya merupakan salah satu faktor dalam menjaga kinerja PC tetap optimal. Selain menjaga kebersihan PC, salah satu pilihan untuk mempercepat kinerja adalah mengupgrade hardware yang digunakan. Berikut beberapa saran dalam menjaga hardware tetap dalam keadaan optimal

  • Menambah Kapasitas Memory RAM dan Harddisk
Menambah kapasitas RAM dan harddisk merupakan salah satu pilihan yang paling mudah dilakukan untuk mempercepat kinerja PC, namun disisi lain membutuhkan biaya yang cukup mahal. Selain itu, untuk mengupgrade RAM dan harddisk harus dilakukan pembongkaran pada PC pengguna, karena itu perhatikan dengan serius tempat service atau tempat yang anda putuskan unutk mengupgrade PC.

  • Mengetahui System Requirement Program dan Sistem Untuk PC
Pada saat kita memilih suatu sistem operasi untuk laptop atau PC baik itu windows ataupun linux, maka pastikan bahwa kita mengetahui dengan pasti 'system requirement' atau kebutuhan hardware yang dibutuhkan oleh sistem operasi yang akan kita install. Misalnya, kebutuhan spesifikasi minimal untuk menginstall windows 7 32Bit adalah 1GB RAM, 1 GHz Processor serta !^GB ketersediaan ruang harddsik serta kebutuhan semisal pada sistem operasi lainnya juga akan tergantung dari masing-masing sistem operasi yang akan diisntall. Ini dilakukan untuk menghindari systen requirement yang tidak terpenuhi, yang nantinya akan mengakibatkan PC bermasalah. Untuk itu, berikut beberapa saran :
  1. Gunakan sistem operasi serta software yang sesuai dengan kemampuan hardware PC yang digunakan
  2. Pastikan tersedia cukup ruang pada harddisk
  3. Jaga kebersihan PC
Nah, itu semua adalah sedikit saran dan informasi untuk membantu mempercepat kinerja PC windows 7. Ada banyak lagi cara dan solusi untuk membuat PC tetap bekerja optimal, langkah-langkah diatas hanya beberapa diantaranya. Sekian tulisan mengenai cara mempercepat kinerja PC windows 7, semoga informasi tersebut dapat membantu.

Sekian dan terima kasih telah berkunjung.

20 komentar:

  1. baru tau tuh tentang aero shake,thanks artikelnya

    BalasHapus
  2. Nice tips gan btw ane udh windows 10 😑

    BalasHapus
  3. Wah caranya sangat lengkap gan, kalu buat wondows 10 ada?

    BalasHapus
  4. Apa tutorialnya bisa juga untuk laptop yang 32 bit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan. selagi aplikasi agan di laptop supprt windows 32bit

      Hapus
  5. work banget gan pc saya makin cepet tanpa lag,,klo untuk 32 bit gimana tutorialnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih sama. pengaturan OS windows 64bit sama 32bit di PC gadak bedanya kok

      Hapus
  6. Mantap gan ... saya baru tau gadget dapat mempengaruhi kinerja windows 7 .. pokoknya nice info gan

    BalasHapus
  7. lengkap bener.. tapi sayang udah gak make windows 7. yang buat windows 8 nya ada gak min? btw thanks info nya, nambah2 wawasan hehehe

    BalasHapus
  8. mantap gan lengkap bener izin coba ya.. :D

    BalasHapus
  9. Yes, Akhirnya PC saya jadi tidak lag lagi berkat tips dari agan. Makasih ya

    BalasHapus
  10. Wihh, lengkap nih, makasih banyak infonya gan, btw, untuk windows 7 32 bit ada ga? Soalnya notebook ane 32bit, yang 64 pc😂

    BalasHapus
  11. Jasa install windows jakarta barat

    jasa install windows jakarta barat kami melayani
    jasa install windows untuk wilayah jakarta barat.
    bila bapak/ibu ingin install ulang dan tidak
    mau repot repot bawa ke reparasi komputer.
    jika bapak atau ibu sibuk. silahkan hubungi kami
    maka kami akan ketempat anda.
    Hub : 081294209696


    berikut ini aplikasi yang kami install:

    Aplikasi :

    1. Adobe Reader
    2. Mozzila Firefox
    3. Google Chrome
    4. Smadav Antivirus
    5. Avast Antivirus
    6. Ccleaner
    7. Winamp
    8. Vlc Player
    7.Winrar

    Office :
    Microsft Word
    Microsft Excel
    Microsft PowerPoint

    Software(Optional)

    Adobe Ilustrator
    Adobe InDesign
    Adobe Photoshop
    Corel Draw X4

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    http://www.mataharikomputer.com/jasa_install_windows_jakarta_barat.html

    BalasHapus
  12. jasa install windows
    silahkan kunjungi website kami
    jasainstallwindows.com

    BalasHapus
  13. jasa install windows

    Posted by jasainstallwindows.com on bulan tanggal, tahun,jam •














    jasainstallwindows.com jasa install windows kami melayani jasa install windows seperti install windows xp,install windows 7,install windows 8,instal windows 10. bila anda sibuk dan tidak mau report report bawa ke reparasi komputer. silahkan hubungi kami. maka teknisi kami akan mengerjakannya dikantor,toko atau tempat anda. segera hubungi kami:

    berikut ini software yang kami install l:

    Aplikasi Standard:

    1. Adobe Acrobat
    2. Google Chrome x64
    3. Mozzila Firefox x64
    4. Vlc Video Player x64
    5. Winrar x64
    6. Google Picasa x64
    7. Smadav Antivirus x64
    8. Avast Antivirus x64
    9. CCleaner x64

    Microsoft Office :
    Microsft Word 2019
    Microsft Excel 2019
    Microsft PowerPoint 2019

    Software Design :
    Adobe Photoshop CC 2018
    Adobe Ilustrator CC 2018
    Adobe Indesign CC 2018
    Corel Draw X7

    Software Video Editing :
    Sony Vegas
    Adobe Premier CC 2018
    Wondershare Flimora

    Silahkan Hubungi Kami
    support@jasainstallwindows.com
    Http://www.jasainstallwindows.com

    keyword : jasa install windows

    BalasHapus

Waktu dan tempat dipersilahkan! Segala komentar yang anda tinggalkan merupakan tanggungjawab anda sendiri, untuk bantuan lebih lanjut mohon kesabarannya. Terima kasih.